Lima Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Merintis Usaha Toko Buku

Terjun di dunia penulisan tidak lantas memaksa Anda harus menjadi penulis. Ada beberapa profesi lain bagi Anda yang menyukai bidang penulisan tanpa bekerja sebagai penulis. Sebut saja marketing buku, memiliki toko online buku, dan lainnya. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika berbisnis di bidang penulisan?

Setidaknya Anda belajar dan mengetahui soal mengenai perkembangan buku.

Coba perhatikan genre buku yang tengah booming dan masuk rak best seller. Bisa juga memperhatikan beberapa penulis yang sudah produktif menulis dan karyanya cukup dikenal oleh khalayak. Riset tersebut berguna ketika Anda akan memilih buku apa atau tulisan seperti apa yang tepat untuk dijual.

Berikutnya, Anda harus paham mengenai berbagai segmentasi buku.

Sebut saja, buku jenis tertentu pastinya ditujukan kepada pembaca dengan karakteristik tertentu pula. Segmentasi tersebut juga harus mendetail, seperti buku untuk remaja seperti apa? Remaja yang gaul, remaja yang suka cerita komedi, atau remaja yang lebih suka kata-kata puitis, dan masih banyak lagi.

Tidak ketinggalan masuk ke komunitas menulis.

Walaupun Anda bukan penulis, tetapi berbisnis di bidang penulisan tentu dituntut berkenalan dengan para pembaca. Para anggota komunitas menulis tentu berharap mendapatkan review mengenai buku-buku yang akan dibelinya. Maka, Anda juga dapat menjadi sumber informasi mengenai buku-buku yang kemungkinan disukai oleh anggota.

Selain itu, bergabung di komunitas menulis dapat menjadi media promo bagi Anda yang ingin berjualan buku.

Bisa juga dengan datang ke acara pertemuan offline anggota komunitas menulis sembari menjual beberapa buku. Atau promosi secara online selama sudah mendapatkan izin dari pihak pengurus komunitas tersebut. Tidak ketinggalan melakukan promo lewat media sosial pribadi pula.

Berbisnis di dunia penulisan juga membutuhkan kerja sama dengan pihak media massa

Bisa bekerja sama dengan radio dan mengisi acara soal perkembangan buku, atau membuat profil Anda yang juga menceritakan proses berbisnis di bidang penulisan, dan yang lainnya. Walau Anda bukan penulis, tetapi berbisnis penulisan juga menuntut Anda mengenal karya tulisan hingga promosi seperti apa yang tepat.

Agar semua aktivitas tersebut berjalan lancar, Anda harus memiliki manajemen waktu. Agar tahu, jam sekian harus melakukan apa saja. Hal ini bisa membuat waktu Anda menjadi lebih produktif dan efisien, sehingga Anda tetap bisa melakukan kegiatan yang lain, seperti melakukan hobi, travelling, dan yang lainnya.

Untuk memudahkan Anda membuat manajemen waktu, Indscript Creative memberikan E-BOOK MANAJEMEN WAKTU secara GRATIS ini. Anda cukup mengikuti panduannya.

DOWNLOAD SEKARANG

Silahkan pantau blog kami untuk mendapatkan tips menulis atau tips bisnis yang lainnya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com