Ingin Jadi Penulis? Lakukan Lima Hal Ini

Profesi penulis buku memang menuntut untuk dapat menghasilkan karya tulisan yang menarik. Namun, sebagai penulis buku ternyata harus mengetahui hal-hal lain agar hasil karyanya dapat berkualitas. Lalu, poin apa saja yang harus diperhatikan oleh penulis buku?

Satu, memilih profesi penulis buku tentu tidak asing dengan istilah self editing.

Sebagai penulis, tidak hanya menghasilkan naskah dalam satu kali penulisan. Anda wajib melakukan self editing, bahkan dapat dilakukan berkali-kali, dengan tujuan kian menghasilkan tulisan yang jauh lebih memikat. Maka, jangan pernah puas hanya dengan satu kali menulis naskah hingga tuntas.

Dua, begitu pula penulis buku baiknya mengenali dunia penerbitan.

Antara lain mengenai cara pengiriman, syarat dan ketentuan mengirimkan naskah, karena setiap penerbit punya permintaan yang berbeda-beda. Dalam proses penerbitan buku, penulis pun harus tahu mengenai prosedur dan isi surat kerja sama, agar tidak merugikan salah satu pihak di kemudian hari.

Tiga, seorang penulis buku juga dapat memberikan saran dalam lay out serta desain cover.

Jika Anda memilih menerbitkan lewat penerbit mayor, Anda dapat menyerahkan segalanya ke pihak penerbit. Namun, bagi Anda yang ingin memilih jalur indie dan tidak menggunakan jasa desain, ada baiknya mempelajari cara lay out buku yang tepat serta membuat desain cover yang memikat calon pembaca.

Empat, penulis buku harus tahu bagaimana membuat promosi yang tepat.

Walaupun setiap penerbit memiliki tim marketing tersendiri, ada baiknya Anda juga melakukan promosi sebagai penulisnya. Anda dapat memaksimalkan media sosial sebagai wadah untuk memperkenalkan karya kepada masyarakat luas. Bisa juga bekerja sama dengan media cetak untuk resensi, radio agar dapat on air, dan yang lainnya.

Lima, membuat manajemen waktu.

Ingin jadi penulis? Harus punya waktu khusus untuk menulis. Jangan menunggu waktu luang datang, baru menulis. Hal tersebut justru akan memperlambat proses Anda menjadi penulis. Ini juga berlaku bagi kalangan ibu rumah tangga (IRT) yang ingin menjadi penulis. Sebagai IRT, tentu memiliki segudang aktivitas, maka harus membuat jadwal harian, jika ingin urusan keluarga dan rumah lancar, tapi masih punya waktu menulis dan produktif hingga memiliki penghasilan dari dalam rumah.

Untuk memudahkan Anda membuat manajemen waktu, bisa donwload E-BOOK MANAJEMEN WAKTU Indscript Creative secara GRATIS ini. Lalu, Anda cukup mengikuti panduannya.

DOWNLOAD SEKARANG

Nantikan tips menulis atau bisnis yang berikutnya dari kami, ya.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com