2

Cara Menulis Jadwal Harian yang Wajib Diketahui oleh IRT

Ketika Anda, khususnya para ibu rumah tangga (IRT), yang sudah punya manajemen waktu, sangat dianjurkan untuk mencatat lalu memajangnya. Namun, beberapa IRT mengaku kalau catatan jadwal hariannya kerap hilang. Kalau sudah hilang, rasanya malas memulai dari nol untuk membuat jadwal harian lagi. Untuk menghindari hal tersebut, lakukan cara berikut ini:

Satu, jangan menulis di kertas dan dipajang di lemari es.

Banyak IRT yang mencatat jadwal hariannya di kertas kosong biasa, lalu menempelkannya di lemari es hanya dengan magnet. Suatu hari, sang anak tanpa sengaja mengambil kertas tersebut untuk dijadikan pesawat dari kertas, hingga ibunya tidak tahu dan pusing mencari kertas tersebut.

Dua, jika memiliki balita, pajang jadwal harian di tempat yang tidak terjangkau anak.

Jika Anda memiliki anak yang masih balita, tentu masih belum bisa menjelaskan kalau kertas di lemari es itu sangat penting. Ada baiknya pajang di dinding yang agak tinggi agar tidak terjangkau tangan anak, tapi juga tidak terlalu tinggi agar Anda bebas melihatnya.

Tiga, pilih media yang tulisannya mudah diganti dan mudah dipindahkan.

Dalam waktu tertentu, jadwal bisa berubah sesuai kebutuhan. Contohnya, pertama kali punya manajemen waktu, dalam sehari Anda memiliki 10 tugas. Karena setiap hari dilakukan dan semakin cepat mengerjakan 10 tugas tersebut, sehingga Anda berencana menambah kegiatan tambahan di jadwal harian. Maka, cukup menghapus beberapa tulisan dan menulis aktivitas yang baru tersebut.

Seperti DAILY ACTIVITIES FOR MOM yang bisa digunakan untuk mencatat manajemen waktu. Bonus spidol (non permanen)-nya sehingga jadwal bisa dihapus dan bisa digunakan seumur hidup. Bahannya art paper dengan alas akrilik agar lebih awet, tulisannya mudah diganti, dan mudah dipajang di mana saja.

Apalagi Indscript Creative juga akan membagikan panduan di E-BOOK MANAJEMEN WAKTU dari yang bisa di-download secara GRATIS ini.

DOWNLOAD SEKARANG

IRT yang punya manajemen waktu, jadi mengisi waktunya lebih efektif dan efisien. Bahkan, jadi punya waktu untuk me time atau mengembangkan potensinya dari rumah. Nah, Anda sendiri sudah punya manajemen waktu kah? Silahkan jawab di komentar bawah, ya.

 

Pengunjung Juga Mencari:

  • manfaat kelas menulis
Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com

Click Here to Leave a Comment Below 2 comments
Arkini - a few months ago

Sebelumnya saya karyawati, mungkin karena jadwal kerja membuat saya lebih gampang mengatur waktu.
Sekarang saya sudah resign dan full IRT sembari menekuni bisnis online saya.
Managemen waktu saya berantakan, lebih sering mengikuti rasa malas, melakukan hal2 yang menurut saya tdk produktif.
Yang jadi pertanyaan bund, bagaimana caranya agar saya bisa kembali mengatur waktu saya dengan baik? Apakah lingkungan berpengaruh banget, rata2 IRT yang suka bergosip sana sini, hehe…

Makasih sharingnya bund, sekian dan terima gaji.

Reply
Wuri Nugraeni - a couple of months ago

Terima kasih pertanyaannya. Kuncinya ada pada diri Anda sendiri. Untuk itu, buat manajemen waktu atau jadwal harian secara detail. Boleh kok memasukkan kegiatan ngobrol dengan tetangga, karena IRT tetap butuh bersosialisasi, asal, tidak lupa waktu, hehehe. Pajang jadwal harian ya biar dibaca oleh suami dan anak-anak, biar memotivasi Anda untuk konsisten juga.

Reply

Leave a Reply: