5 Cara Menulis Buku Novel bagi Pemula

Banyak yang mengaku ingin menulis buku, tapi langsung mundur ketika tahu harus menuntaskan satu naskah setebal sekitar 120 halaman. Padahal, siapa saja bisa menjadi penulis dan bisa menulis hingga ratusan halaman. Yang Anda perlukan adalah melakukan lima hal berikut ini.

Satu, mencari ide yang ada di sekitar dahulu.

Keuntungan membuat tulisan dengan tema yang dikuasai itu lebih memudahkan proses menulis nantinya. Atau menulis kejadian yang pernah dialami atau dilalui oleh orang lain, sehingga Anda cukup menuangkan pikiran dalam tulisan lebih cepat.

Dua, membuat outline dengan matang.

Sebelum menulis ada baiknya membuat gambaran kasar mengenai isi bukunya. Contohnya, akan membuat novel komedi cinta seputar kehidupan anak remaja. Outline berupa pecahan kalau bab pertama akan membahas premis yang menjadi masalah utama tokoh agar langsung menarik, bab kedua pengenalan dua tokoh dengan kejadian yang lucu, dan seterusnya. Hal tersebut sekaligus bisa menghindari writer’s block.

Tiga, memiliki target menulis satu naskah buku dalam sebulan.

Menjadi penulis juga mirip sebagai pebisnis yang wajib memiliki target. Target dapat menjadi acuan sejauh mana pencapaian Anda, serta sumber motivasi untuk terus berkarya. Target bisa berupa harus bisa menulis minimal satu halaman setiap harinya, artinya dalam 120 hari ke depan, atau empat bulan, Anda sudah memiliki naskah buku.

Empat, meluangkan waktu khusus dalam menulis.

Jangan menunggu kalau ada waktu luang baru menulis. Tapi, tentukan kapan waktu Anda harus menulis. Misalnya, Anda adalah ibu rumah tangga (IRT) yang ingin menulis. Pada jam 7 sampai 10 pagi, si anak sedang sekolah dan Anda punya waktu bebas. Maka, pastikan pada pukul tersebut digunakan untuk menulis. Untuk itu, setiap IRT memang disarankan memiliki manajemen waktu agar keluarga dan rumah tetap terurus, serta masih memiliki waktu untuk hal produktif lainnya.

Lima, memegang komitmen akan mematuhi apa yang sudah ditulis pada manajemen waktu.

Jika sudah punya manajemen waktu, termasuk waktu khusus dan target untuk menulis, maka selanjutnya cukup konsisten. Ingatkan diri kalau ingin menjadi penulis, harus konsisten terhadap jadwal tersebut.

Untuk memudahkan para IRT menjadi penulis, bisa membuat manajemen waktu terlebih dahulu. Caranya cukup ikuti panduan dari E-BOOK MANAJEMEN WAKTU yang diberikan secara GRATIS ini.

DOWNLOAD SEKARANG

Ingin tahu seputar tips dunia penulisan atau bisnis yang lainnya? Tunggu artikel kami berikutnya, ya.

Pengunjung Juga Mencari:

  • tulisan yang dicari penerbit
Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com