5 Cara Menulis Buku Bagi Pemula Termasuk IRT

Banyak yang mengaku sudah di hadapan komputer tapi justru terdiam dan tidak tahu harus menulis dari mana. Selain itu, ada juga yang sudah memiliki ide tapi tidak tahu mengembangkannya ketika berhadapan dengan layar laptop. Nah, berikut ini cara agar Anda bisa menjadi penulis yang tidak mengenal writer’s block.

Langkah pertama adalah persiapkan dahulu kerangka karangan, atau outline, atau sinopsis sebagai panduan alur Anda menulis.

Jika kerangka tersebut sudah matang akan memudahkan Anda menuangkan dalam tulisan, karena selanjutnya Anda cukup mematuhi kerangka tersebut. Walaupun sesekali hasil tulisan Anda tidak seluruhnya mirip dengan kerangka, setidaknya sudah memudahkan proses menulis.

Selain itu, coba Anda ingat kembali apa motivasi awal menjadi penulis.

Apakah ingin memberikan warisan pemikiran kepada anak cucu? Atau ingin mendokumentasikan perjalanan pribadi? Atau juga ingin berbagi cerita inspirasi bagi masyarakat luas? Coba ingat kembali karena niat awal menulis tersebut akan membuat Anda bersemangat menulis.

Tentu saja, Anda harus suka membaca buku, atau menonton film, hingga sharing dengan kawan yang memiliki hobi menulis.

Tujuannya untuk mendapatkan inspirasi tambahan sekaligus dukungan dari teman. Bisa juga, Anda istirahat sejenak untuk tidak menulis selama satu atau dua hari dahulu.

Tahapan lain adalah melihat prestasi teman.

Coba baca timeline media sosial Anda, pasti ada teman yang sedang promosi buku, atau baru saja menerbitkan buku baru, maupun mengundang Anda untuk hadir di event launchingnya. Gunakan informasi tersebut sebagai pecut Anda untuk kembali produktif. Bukan sebaliknya yang hanya bisa uring-uringan melihat prestasi teman.

Yang tidak kalah pentingnya adalah miliki jadwal khusus untuk menulis.

Banyak yang mengaku tidak punya manajemen waktu tapi ingin menulis. Padahal, salah satu kunci menjadi penulis adalah rutin menulis setiap hari. Agar Anda konsisten bisa menulis tiap harinya, maka buat jadwal harian lalu masukkan kegiatan menulis pada jam tertentu.

Tenang, kini sudah ada E-BOOK MANAJEMEN WAKTU dari Indscript Creative yang bisa di-download secara GRATIS ini. Lalu, Anda cukup mengikuti panduannya.

DOWNLOAD SEKARANG

Yuk! Kejar impian sebagai penulis dengan langkah pertama adalah punya manajemen waktu.

Wuri Nugraeni
 

Ibu 1 putra. Copywriter. Penulis buku #99EmakPebisnis #FISIP #CenatCenutReporter dll. Blogger. www.wurinugraeni.com